kantorpusat@adhigunaputera.com 021-22685989 / 22686001
May 18, 2022 - BY Admin

PLN UIK TANJUNG JATI B KOMITMEN TERAPKAN BUDAYA K3

JEPARA – PLN UIK Tanjung Jati B menggelar apel Bulan K3 Nasional di lingkungan internal perusahaan Selasa (18/1) lalu. Apel diikuti seluruh perwakilan masing-masing manajemen perusahaan dari bidang K3 atau HSE/EHS di PLTU Tanjung Jati B. Acara yang berlangsung di Gedung Energo PLTU UIK TJB ini, menghadirkan Kepala Satuan Pengawas Ketenagakerjaan Wilayah Pati Muktiati, SKM, MKes. sebagai pembicara.

Acara ini untuk memperingati Bulan K3 Nasional 2022 yang berlangsung pada 12 Januari hingga 12 Februari.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (PLN UIK TJB) Rachmat Azwin dalam sambutannya menyampaikan, ini sebagai salah satu wujud komitmen slogan ”Tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia”. Masing-masing entitas perusahaan di PLTU Tanjung Jati B, khususnya PT PLN UIK TJB, PT Central Java Power, PT TJB Power Services, PT KPJB, PT Adhi Guna Putera, dan PT Pelayaran Bahtera AdhiGuna dan PT PJB Services telah mengimplementasikan budaya K3 pada era revolusi industri 4.0.

Penerapannya, berbasis teknologi informasi. Di mana aplikasi tersebut, mengakomodasi pelaporan temuan ketidaksesuaian terhadap aspek K3, aspek teknis, serta untuk me-monitoring tindaklanjut temuan ketidaksesuaian atas temuan tersebut.

”Implementasi atas pelaksanaan budaya K3 yang berbasis teknologi informasi telah berjalan dengan baik di area PLTU Tanjung Jati B. Dibuktikan maturity level pada pelaporan ”inspekta” memperoleh nilai 4 (dari nilai maksimal 5)”, ungkap Rachmat Azwin.

Rachmat Azwin juga mengajak untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen terhadap K3. ”Mari kita tingkatkan budaya K3 sebagai bentuk perwujudan komitmen terhadap K3 untuk meningkatkan kesadaran dan ketaatan pemenuhan K3. Serta kesiapsiagaan seluruh pegawai PLTU TJB dalam mengendalikan, mencegah, dan menghadapi setiap risiko kegiatan perusahaan yang berdampak pada K3,” ujarnya.

Dia menambahkan, sebagaimana pelaksanaan K3 di lingkungan perusahaan, PLN UIK TJB setiap minggunya, jajaran manajemen PLN UIK TJB dan aset owner serta aset operator berkolaborasi dan bersinergi melakukan walkdown inspektion untuk mapping semua kebutuhan K3.

Hal senada diungkapkan Kepala Satuan Pengawas Ketenagakerjaan Wilayah Pati Muktiati, SKM, MKes. Dia menyampaikan tentang pentingnya kesadaran dan komitmen terhadap K3. ”Sesuai dengan tema Bulan K3 Nasional 2022 ”Penerapan Budaya K3 pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi”, perlunya perlindungan dan jaminan terhadap tenaga kerja itu prioritas yang harus diutamakan,” ungkapnya.

Sementara itu, puncak apel Bulan K3 Nasional ini, ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama K3 2022 oleh seluruh manajemen PLTU Tanjung Jati B. Juga pemberian penghargaan karyawan teladan K3. Ada 31 karyawan yang mendapat penghargaan. Meliputi, karyawan atau pekerja PLTU Tanjung Jati B khususnya security, driver, dan cleaning services dengan penerapan K3 terbaik dalam melaksanakan pekerjaan setiap hari sepanjang 2021.

Mereka masing-masing diberi apresiasi yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan pekerja dalam penerapan K3. Selain itu, program ini juga berjalan kontinyu setiap tahun, agar menjadi stimulus bagi pekerja untuk menerapkan K3 dalam pekerjaannya. Khususnya di masing-masing perusahaan di lingkungan PLTU Tanjung Jati B. (lin)